6 hal tentang tuyul yang kamu harus tahu!

6 hal tentang tuyul yang kamu harus tahu!

Ribut-ribut soal penampakan tuyul yang terekam hape dan ditayangkan di televisi mengingatkan saya akan kuliah dulu. Nama mata kuliahnya Etnografi Kejahatan Di Indonesia, yang turut membahas soal tuyul itu (keren abies yah kuliahnya!).

Anyway, salah satu bahasannya adalah gambaran fenomena tuyul ini di tengah masyarakat Indonesia. Jadi menurut sejumlah penelitian ada hal-hal tertentu yang dipercayai oleh masyarakat. Diantaranya:

1.Fisik tuyul itu gak lucu.
Lupakan deh soal penampilan lucu Oni di tuyul dan mbak yul atau Ateng di film tuyulnya dulu. Karena untuk masyarakat paranormal yang benar-benar percaya tuyul yakin bahwa iblis kecil itu jauh dari gambaran film. Penampilannya pendek, berbulu hitam dan sedikit berlendir dengan gigi yang agak runcing (mirip sama simpanse yang ileran mungkin).

2. Tuyul itu menyusui
Mungkin saja tuyul ini berjenis mamalia jadi dia menyusui. Apa yang diminum? Jadi menurut kepercayaan setiap yang memelihara tuyul harus merelakan istrinya (atau dirinya kalau yang melihara cewek) untuk menyusui si tuyul tiap pagi. Buat para istri silahkan bayangkan menyusui sesuatu yang bergigi runcing.

3. Rumah pemelihara tuyul biasanya banyak warna.
Siap-siap mengganti warna rumah buat yang suka cat warna-warni. KArena katanya rumah pemelihara tuyul itu warnanya warna-warni. Tuyulnya gaul kali jadi seneng warna nge-jreng.

4. Pemelihara tuyul sering menaruh tangannya dibelakang ketika jalan.
Lupakan bergaya cool dengan menaruh tangan di punggung  sewaktu berjalan. Karena katanya ini cirri orang yang sedang mengajak tuyulnya berjalan-jalan (emangnya anjing peliharaan yah yang perlu diajak jalan?).

5. Tuyul itu paling jago menghilang
Okay, no wonder khan mereka suka dipakai mencuri. Karena konon katanya diantara kelompok dedemit dan kawan-kawannya dia ini paling jago ngilang. Beda dengan kuntil anak yang suka gelayutan di pohon sambil ketawa-ketiwi.Atau pocong yang suka loncat sana-sini. Tuyul ini jago menyamarkan diri dan sangat sulit dilihat. Jadi kalau sampai kerekam di hape dan tayang di televise sepertinya tuh tuyul udah dipecat dari peredaran.

6. Ada yang namanya pasar tuyul
Dimana cari tuyul? Apa musti bertapa? Puasa? Ternyata gak perlu, karena di sejumlah daerah di Indonesia sudah ada yang namanya pasar tuyul (jangan-jangan ada franchise-nya). Harga tuyulnya bervariasi sesuai dengan kemampuan mencurinya setiap hari.Kalo gak salah harganya sepuluh kali lipat kemampuan mencurinya setiap hari.

Jadi dari gambaran ini ajah sepertinya udah kelihatan yah penampakan tuyul di hape itu betulan atau tidak. Lagi pula masih banyak deh yang musti kita urusin selain tuyul ituh. Dan pertanyaan besarnya berapa harga tuyul yang katanya bisa nyolong Rp6,7 triliun?

update: di comment ada yang nanya soal pencegahaanya. Sebelum saya jawab, perlu di jelaskan bahwa saya bukan dukun, huehehe. Jadi keterangan di atas itu juga bukan mengiyakan keberadaan tuyul. Tapi hanya menggambarkan bagaimana masyarakat mempercayainya.

Nah kalau ada yang tanya, ada beberapa kepercayaan juga tentang pencegahan tuyul ini. Pertama, dengan menaruh yuyukangkang (sejenis kepiting) di dalam sebuah baskom. Karena katanya si tuyul akan memainkannya dan kemudian tanpa disadari akan dijepit sama si yuyu tadi. Kedua adalah dengan menaruh biji kacang hijau lebih dari sepuluh. Karena tuyul tidak bisa menghitung lebih dari sepuluh dan akhirnya dia akan kebingungan dan menghitungnya sampai pagi. Apa betul demikian? Wong keberadaan tuyul ajah saya masih ragu-ragu koq! Jadi terserah sama yang baca saja. :D

Majalah pria

90 comments:

  1. antokoe:

    yang nyolong 6.7 T itu tuyul yang paling rakus dan pinter, soalnya bisa diprogram bisa nominal yg gak jelas….

  2. joko:

    Kalau yang Pasar Tuyul itu memang benar. Di daerah kelahiran saya ada juga yang jual Tuyul Pesugihan. He….He…. Bukan berarti saya pernah beli disana, lho!

    Ngomong2 tentang script anti COPAS-nya boleh, tuh Mas. Jika berkenan saya berminat dengan scriptnya. Karena kemarin artikel saya sdh diCopas banyak blogger. Thanks sebelumnya

  3. gardino:

    @joko: scriptnya udah dikirim yah mas..

  4. senny:

    jadi kita pelihara tuyul aja nih skrg?

  5. OmAdi Belajar Internet:

    wah ngeri juga ya bro?
    lebih ngeri yang nyolong 6.7 T itu.
    he..:D

  6. wi3nd:

    pernah baca ju9a tentan9 har9a tuyul,9ilee mahal ju9a..
    hahha..klu tuyul y9 bisa nyolon9 6.7 T ituh seeh beneran tuyuL :lol:

    btw cara nye9ahnya 9imana? kakak 9w serin9 keilan9an uan9,bahkan bisa 500 stiap harinya,katana tuyul y9 ambil :roll:
    makasi ya da sin99ah :)

  7. azaxs:

    wou.. ujung-ujungnya.. kalo ketemu itu tuyul pantasnya dihukum mati.. hehe

  8. Abula:

    sebuah referensi yang lengkap… jadi tahu dan setelah itu waspada….

  9. Aldy:

    kalau tuyul yang mampun mencuri 6,7 tr, beranti hagranya paling tidak 20% dari barang yang dicuri.

  10. asepsaiba:

    Blog ini juga dilengkapi dengan anti tuyul (alias pencuri artike lewat COPAS.. :)

  11. Triunt:

    Menyusui tuyul? hiiii…

  12. Opung:

    Wah ada pasar tuyul ya. Kalo tuyul buat nyuri hartanya para koruptor ada gak ya?..

  13. supriatno:

    Yang nyolong 6.7 T itu pasti BAPAKNYA tuyul, soalnya kalo tuyul cuma main recehan…. nice info bro !

  14. antown:

    bagus kang informatif. btw sumber darimana ya

  15. Technomizer:

    pasar tuyul? Buset.

  16. Belajar Blog:

    wah hebat banget…
    kalo tuyul aja ada pasarnya dan bisa diperjual-belikan atau dikontrak
    saya juga mao kontrak mbak yuli aja
    selama 1 tahun, hehehe….

  17. andriristiawan:

    wah ngeri juga ya -_-a
    baru denger neh saya kalo yang namanya “PASAR TUYUL” >_<

  18. chie:

    sebenarx antara percaya dan g percaya jg..
    soalx..setan koq bisa nampak d rekaman hp y??!!!

  19. gardino:

    @antown: wuehehehe…dulu jaman masih kuliah om dah lama banget pulak. JAdinya lupa sayah darimana sumber diskusi ini jaman itu.
    Yang pasti sih ini bukan mengiyakan keberadaan tuyul tapi hanya, memetakan fenomena yang dipercaya masyarakat Indonesia sama si kecil ituh.

  20. H:

    Pelihara tuyul?
    btw gmn spamnya udah bisa masuk?

  21. gardino:

    @H: sudah terbebas dan sudah dapat email permitaan maaf dari akismet :D. terima kasih bantuannya…ternyata manjur kalo dilepasin dari folder spam… :D

  22. heru:

    wah2 ternyata ahli nih masalah gnian, ngomong2 alamat pasarnya dimana ya :D

    whahahaa… Canda

  23. bundadontworry:

    ada nggak ya tuyul yg bisa terbang ?
    biar diajak jalan2 keliling dunia, gratis…..he….he……
    salam.

  24. fanz:

    ngeri juga yah point nomer 2
    hiiiiiiiiiiii

  25. AbcD:

    Kasihan yang jadi korban tuyul … harta dicuri tak kembali

  26. ais ariani:

    pasar tuyul di mana toh?
    kok penasaran…
    huehehehehehehehhe..

  27. ekads gendeng:

    trus cara pencegahannya agar tidak disinggahi tuyul gimana mas?

  28. adin:

    Kalo tuyul yang kemaren ada ditayangin ditivi mah palsu, lha wong pas dia merangkak aja dibawahnya ada bayangannya kaya manusia…hehehe

  29. sobatsehat:

    jelek juga rupanya tuyul yah om……….ada nggak tuyul yang cakep ? hehhehehehehe

  30. ajir:

    tuyul di Indonesia kok pake dasi ya..? trus perutnya gede gitu..sambil duduk nyantai di kursi parlemen.. :D

  31. Khery Sudeska:

    Ini referensinya sahih nggak ni? Hehehe… Saya jadi curiga, jangan2 paranormal nih. :D
    Setuju, banyak masalah lain yang lebih baik dibincangkan ketimbang masalah tuyul ini. Gak usah ikutan latah… :)

  32. Ifa:

    katanya lagi.. pasang bawang merah dan kaca di dompet.. konon katanya tuluy takut kalau liat mukanya sendiri hihihi

  33. iLLa:

    tuyul?? ih, semoga tidak perlu berurusan sama makhluk jadi2an itu, *scared*

  34. aldy:

    Hebat ya ada pasar tuyul, pasar jin dan konon katanya kalau kita memelihara mahluk itu, mereka bisa kita suruh-suruh.

  35. vany:

    koq aku jadi ngerasa serem ya abis baca tulisan ini?
    mendingan aku gak usah tau deh…hehehe
    thanks udah mampir di blogkuw ya… :D

  36. Cloud:

    jaaaaah pie kui?? ngga bisa ngitung dari sepuluh tapi bisa nyolong lebih dari sepuluh.. (doh)

    oh iya jangan lupa beliin dia popok.. kesian popoknya ngga pernah ganti.. :P

  37. elia|bintang:

    temen saya bilang tuyul takut sama garam.. berarti tuyul itu mirip lintah yah. kena garem trus mati :lol:

  38. made gelgel:

    wah beneran ini mas?

  39. mandor tempe:

    Paling tidak orang yang memelihara uyul harus menyediakan bubur setiap pagi. Merepotkn memang tetapi itu sudah menjadi kewajiban. kalau tuyulnya sampai terluka (karena tertangkap) maka pemeliharanya akan ikut merasakan sakitnya

  40. hpnugroho:

    wah ada pasar tuyul … bisa tuker tambah gak tuh ..?

  41. Shin-kun:

    hwaduh, posting seram ini… hiiiyyy…

  42. uulgrs:

    Beda tuyul jawa sama tuyul cina terus satu lagi sama tuyul padang, dijelaskan dong Mas, thx.

  43. ~d3s~:

    ih… jadi tuyul itu beneran ada toh?
    sampe ada mata kuliahnya segala…

  44. gardino:

    Nggak mata kuliah khusus tentang tuyul sih mba, cuma pokok bahasan pas kuliahnya ajah. Dan sebenernya bukannya mengiyakan keberadaan tuyul. Tapi dikuliah itu kita menganalisa gimana tuyul itu dipercayai di tengah masyarakat Indonesia. :D

  45. hantublogger:

    wahaahaa. lumayan asyik nih buat referensi rumah hantu..

  46. casper:

    manteeep….tipz utk mngurangi kmiskinan yeeee….hunting tuyul d’mn ya…hi9

  47. Mamas:

    kalo di tulungagung di daerah mana bos yang ada

  48. RICKEE:

    G AH BOONK TU…GW AJA BELI TUYUL 5 JT DOAN

  49. riski:

    MANA ADA TUYUL D BULAN PUASA ADANYA TUYUL KOLEK…
    HEHHE…??
    !!!!

  50. riski:

    BELI AJAH SAMA W MURAH KOK…?
    HARGANYA CUMA 1JT..TAPI SUSU NYA KHUSUS SUSU PERAWAN..
    HEHEHEH..
    !!!

  51. toeyoel:

    tuyul katanya gk bisa ngitung sampek 10 tapi kug bisa nyolong sampek begitu banyak????? tuyul apa tuh????

  52. asta:

    dasar dukun lo……

  53. Gus basir:

    Yg di gambarkan di atas salah semua. Tuyul tinggi sekitar 5 cm, tidak menyusui dan mudah peli haranya.

  54. Robot Forex Gratis:

    Untuk teman2 yang berminat untuk memiliki tuyul, tp mmasih ragu-ragu, mengalami banyak kendala, dll.., coba gunakan Tuyul Digital ato yang lebih sering disebut Robot Forex (Expert Advisor)

    http://forexsignalgratis.wordpress.com/robot-forex-ea-gratis/

    Tuyul digital / Robot Forex ini bisa teman2 dapatkan 100% gratis! Tanpa Tumbal, Tanpa Mahar, Tanpa Efek Samping! Kemampuan dalam menghasilkan uang jauh lebih besar daripada Tuyul Konvesional..

  55. darwis:

    makasih saran nya ya soal nya di tempat aq juga banyak hilang duit terutama di rumah aq….

  56. ndy:

    mw tnya nee,
    law tuyul suka gak sama warna pink n hijau ???

  57. villegas:

    tuyul ittu terbuat dri apaan seeh ??

  58. maulidalaila:

    sy punya tuyol mas…………

  59. aplikasi android:

    hahaaa ngakak lagiiii

  60. lieur:

    menurut w mah lebih menakutkan tuyul yg berdasi berambut cepak..

  61. oda:

    ada, g, tyul nylong duit, hp, modem siang.siang blonx?

  62. endang:

    yang juadi pertanyaan menarik ADALAH……….

    “APAKAH DOSA JIKA ORANG MEMERIHARA TUYUL DAN DUITNYA DI TABUNGIN BUAT NAIK HAJI???”

    kalo kagak DOSA boleh pesen satu dech, he he he

  63. Styaky:

    Klo pasar bapaknya tuyul banyak, tu dkat dirjen pajak istana negara kpk n di bui, ^ndonesia q tercinta emang hyper market tuyul……. E kliru bapaknya tuyul

  64. DENI:

    WAKTU KECIL, SAYA PERNAH MELIHAT TUYUL, SAAT TIDUR RANJANGKU YG TINGKAT, AKU TIDUR DI ATAS, TUYUL MUNCUL DR ATAP RUMAH, AKU BUKANYA KAGET MALAH SALING TATAP MATA, KEMUDIAN SI TUYUL LARI KEARAH VENTILASI, KEMUDIAN MENGHILANG, WAKTU ITU AKU BELUM TAHU APA ITU TUYUL, SETELAH MENDENGAR CERITA2 KEMUDIAN AKU SIMPULKAN BAHWA YG AKU LIHAT WAKTU ITU ADALAH TUYUL, KEMUDIAN BEBERAPA TAHUN SETELAH ITU AKU MELIHATNYA LAGI, AWALNYA AKU PULANG NGAJI KL JAMAN DULU DI DESA NGAJINYA SEHABIS SHOLAT MAGHRIB SAMPAI ISYA, KEBETULAN TEMEN MAU PINJAM BUKU SEKOLAH DAN DIA IKUT KERUMAH, SAAT SAMPAI DI DEPAN RUMAH TEMENKU MELIHAT ANAK KECIL, KEMUDIAN DIA TANYA SAMA AKU SIAPA ITU, SEPONTAN AKU MELIHATNYA KEMUDIAN SI TUYUL LARI KEARAH POHON BERINGIN,DAN MENGHILANG. DAN AKU DAN TEMENKU IKUT LARI TEMENKU TAK KASIH TAHU BAHWA APA YG KITA LIHAT ITU ADALAH TUYUL, PANTES TEMENKU BINGUNG KRN BELUM PERNAH LIHAT TUYUL..
    SAYA SERATUS PERSEN PERCAYA BAHWA ADA TUYUL, SEPERTI AKU PERCAYA BAHWA GULA ITU MANIS DAN GARAM ITU ASIN… WALAUPUN DIPOTONG TANGANKU AKU TETEP PERCAYA.. 100 PERSEN..

  65. haehany:

    wah tuyul juga gaul suka warna2….mudah pageri rumah pakek ayat kursi…baca ayat kursi 7 kali di tiap pojok rumah..sambil tahan nafas..yakinlah Allah akan melindungi rumah anda…di jamin tuuyul,santet,guna-guna.teluk,telur,bawang,brambang,tomat,,eh keblabasan ke palawija..maap maap…pokoknya itu sampyan yakin pasti Allah lindungi rumah anda.tspi jangan lupa sholat ya….

  66. Fiz:

    Betul, jangan lupa rumah dipakai shalat, biar adem dan terbebas dari tuyul :)

  67. hwa:

    hii…, beneran ada ya…? serem. pernah denger di Baturaden Purwokerto ada pasarnya. ada yang tau ga?

  68. adi:

    molok ngomong oy….mangane nopo tuyulki

  69. JUAL TUYUL:

    Kalo saya malah JUALAN TUYUL sekarang…

    Modal 159ribu, sudah bisa miliki TUYUL…

    Tanpa Wadal, tanpa darah, tanpa pesugihan…

    Semua ada di BisnisTUYUL.com

  70. ASTY:

    saya mau tanya kalau tuyul di piaraiin ada tumbalnya g’??

  71. Memet:

    Yang kita takuti adalah allah bukan tuyul . Tuyul pancal kepalanya mati ! ! !

  72. Memet & bagor balap by MTR:

    Memet kejam . Mafia balap dan bagor . Koploh . Dll

  73. wawan:

    Pasar tuyul juga ada tu di Jakarta. Jl daan mogot km 18. Perbatasan jakarta & Tangerang. Mau jual,beli,sewa semua bisa asal cocok syaratnya.

  74. hari:

    seandainya punya mending suruh operasi d atm kan dipastikan ada uangnya …

  75. Ari Yanti:

    Klo tuyul yg bisa ambil uang senilai 6,7trilyun mah tuyul yg berdasi :)

  76. aprillia:

    gimana si cara ngusir tuyul itu ,?d brankas kantor ku kemaren uangnya ilang satu persatu jd nebok deh gua ,,
    padahal dh tak kasi bawang lanang itu lo sama kaca kok tetep nekat ..itu gimana ?

  77. agung:

    di mana letak pasar tuyul aku butuh reverensi

  78. amat:

    kalo semua warga indonesia punya tuyul pasti bangsa indonesia sudah makmur, gak ada lg tkw yg diperkosa sperti di malaysia, sayangnya yg punya tuyul orangnya berdasi.

  79. obat kanker nasofaring:

    beneran ngeri banget tuyulnya suka nyusu, trusul palingsuka susu apaan tuh tuyul

  80. karyadi:

    Tuyul kok di piara……. emang nggak mampu lagi cari Duit ? ..

  81. pak sumitro:

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT: JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT: JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT:

  82. doni:

    Bisa ndak ya beli tuyul dikredit.. pakai leasing gitu

  83. egga:

    waow,, tuyulnya gk mau kalah sama gayus tambunan…… hahahahahaaaaa

  84. gunandi:

    Kang, mau tanya gimana cara nangkalnya ya? Warung saya ini sering banget kehilangan duit. Katanya orang yang pernah ngliat di sekitar tempat tinggal saya ada yang melihara tuyul. Terima kasih

  85. gunandi:

    Disekitar warung sembako saya ada yang melihara tuyul mas. Diwarung juga saya sering kehilangan duit mas? Mohon saran gimana cara menaagkalnya?

  86. wildanroufnfather:

    fenomena ini benar2 ada ditetangga sebelah rumah saya…namun skrng katanya sudah tidak memeliharanya lagi…semua artikel diatas pas dengan cerita yg saya dngr dr tetangga sebelah,,,

  87. andy setiawan:

    dari pada beli harga triunan lebih baik cari aja sendiri
    yang anehnya mask tuyul menyusu ada ada aja

  88. paris:

    mohon pencerahannya agan-agan semua.
    langsung aja. td sore ada ttangga yang cerita klo uangnya 400rbu ilang, dan bukan dia aja, tetangga yang lain jga ada yg khilangan bahkan sampe ada yg ilang1juta.
    abis magrib saya jadi inget cerita tetangga td, dan pengen cek uang yyg saya simpan. eh pas dilihat uang yg tdinya 750rb tinggal 250 ribu. pdahal uang itu ga pernah saya pindahin atau dipake.
    pdahal uang buat bayar kuliah
    saya harus percaya atau tidak dengan adanya tuyul?????????????????

  89. aditya:

    Aduuuuuh pada kurusin tuyul.. .. urusin aja keimanan kita.. biarjanlah tuyul d urus pemiliknya.. aduuuh

  90. Muhammad Ravli:

    Kayanya tuyul yg berkeliaran digedung DPR jauh lebih berbahaya deh.

Leave a response: